Secretary In The Era of Globalization
Pada era globalisasi dan perekonomian yang semakin maju ditandai dengan canggihnya teknologi yang berkembang, menuntut peran sekretaris di era modern ini lebih besar dari sebelumnya. Khususnya dalam dunia bisnis, sekretaris sangat menentukan keberhasilan perusahaan, karena sekretaris memiliki peran penting dalam sebuah pertemuan dan dialog dengan relasi perusahaan. Maka dari itu, suatu perusahaan akan membutuhkan sekretaris berstandar internasional dalam rangka persaingan globalisasi yang mendatangkan tenaga dari luar negeri.
Sebelumnya, kita mengenal profesi sekretaris hanya bertugas mengenai kegiatan administratif seperti, mencatat, mengetik, resepsionis, dan pengarsipan. Namun, dengan perkembangan pengetahuan dan teknologi. Selain harus mampu menangani segala administratif perusahaan, seorang sekretaris pada era globalisasi harus mampu berperan menjadi partner, konsultan atasan, serta menangani keadaan yang tidak terduga, cekatan dalam bersikap, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan bahkan dalam memimpin suatu kelompok dengan memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi agar dapat menjaga citra suatu perusahaan.
Sekretaris yang berorientasi global dituntut untuk berpikir kritis dan bertindak secara profesional. Artinya, sekretaris melakukan pekerjaan sesuai job description yang diberikan oleh perusahaan atau sesuai kewenangan yang diberikan oleh atasan secara kompleks. Selain itu sekretaris harus mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang ada, agar dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan jaman dalam menghadapi persaingan dunia yang semakin maju.
Pada era globalisasi ini, banyak tuntutan yang diminta oleh suatu perusahaan. Maka dari itu, menjadi sekretaris yang mampu menguasai perkembangan jaman akan dibutuhkan banyak perusahaan. Lalu, bagaimana cara dalam menghadapi tuntutan tersebut? Klasifikasi yang semakin banyak, akan mempersulit seseorang dalam menghadapi kompetisi global. Salah satu kunci utama adalah harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, serta dapat menguasai teknologi dan terus belajar mengenai teknologi terbaru untuk menunjang keberhasilan pekerjaannya, khususnya dalam office management.
Selain itu, dalam hal psikologis seorang sekretaris harus memiliki sikap khusus (attitude) yaitu dengan memiliki citra diri yang positif, seperti dapat mengendalikan emosinya, membentuk rasa percaya diri dan dapat dipercaya dalam berkomunikasi, memiliki motivasi tinggi, berpikir positif, bertanggung jawab dalam menjalankan profesinya, serta dapat menjaga rahasia perusahaan.
Selain knowledge dan psikologis, keterampilan dan keahlian khusus juga perlu dikuasai sekretaris, seperti accounting/financing, human resource, ataupun pajak (tax). Dalam hal ini perusahaan akan memberikan nilai tambah kepada sekretaris multi-tasking yang dibutuhkan dalam suatu perusahaan.
Untuk menjadi sekretaris yang berorientasi global. Performa, pengetahuan, skill, mutu, dan keterampilan sangatlah diperhatikan, karena sekretaris harus memperhatikan segala hal yang menjadikan profesi sekretaris penting dalam suatu perusahaan. Oleh karena itu, Peran sekretaris di jaman modern ini sangat dituntut untuk menjadi sempurna dan dapat menyesuaikan diri dalam pesatnya era global masa depan. Jika seorang sekretaris dapat menguasai hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa mereka siap menjadi “secretary in the era of globalization”.