Program
Study S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas
Negeri Surabaya (UNESA) dengan bangga mengumumkan kolaborasi penelitian bersama
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sebelas Maret Surakarta
(UNS), dan University Malaya, Malaysia, dalam proyek penelitian berjudul “The
Role of Quality Assurance and Learning Quality in Student Satisfaction with
Accessibility as a Mediating Factor for Achieving SDGs 4.” Kolaborasi ini
dipimpin oleh Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd, dari UNESA, bersama Dr. Farij Ibadil
Maula, S.Pd., M.Pd., Triesninda Pahlevi, S.Pd., M.Pd., dan Novi Trisnawati,
S.Pd., M.Pd., dengan kolaborasi dari Dr. Rasto, M.Pd., dari UPI, dan Associate
Professor Norizah Binti Mohd Mustamil dari University Malaya.
Penelitian
yang berlangsung selama satu tahun ini, dari Januari hingga Desember 2024,
mencakup serangkaian kegiatan komprehensif, termasuk desain penelitian,
penyusunan instrumen, pengumpulan dan analisis data, hingga diseminasi hasil
dan publikasi internasional di jurnal terindeks Scopus. Rangkaian kegiatan ini
bertujuan untuk memastikan bahwa penelitian dilakukan dengan standar kualitas
yang tinggi, mulai dari perencanaan hingga publikasi. KegiatanPenelitian
ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran penjaminan mutu dan kualitas
pengajaran terhadap kepuasan mahasiswa, dengan aksesibilitas sebagai variabel
mediasi. Fokus utama penelitian adalah untuk menggali faktor-faktor yang
berdampak pada kepuasan mahasiswa di bidang pendidikan administrasi
perkantoran, khususnya di Jawa. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat menjadi
panduan bagi institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas layanan
pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan dapat diakses oleh semua kalangan,
sesuai dengan prinsip SDGs 4 (Pendidikan Berkualitas).
Hasil
awal penelitian menunjukkan bahwa penjaminan mutu dan kualitas pengajaran
memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Dengan adanya
aksesibilitas sebagai faktor mediasi, dampak dari penjaminan mutu dan kualitas
pengajaran terhadap kepuasan mahasiswa semakin meningkat. Semakin baik
penjaminan mutu dan kualitas pengajaran yang diterapkan, semakin tinggi tingkat
kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan yang mereka terima. Penelitian
ini juga menyoroti pentingnya aksesibilitas dalam meningkatkan pengalaman
belajar yang berkualitas, sejalan dengan target SDGs 4 yang bertujuan untuk
menjamin pendidikan inklusif dan setara bagi semua. Penelitian
kolaboratif ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang
kebutuhan mahasiswa dalam pendidikan tinggi tetapi juga menggarisbawahi
pentingnya kerja. sama
lintas perguruan tinggi. Dengan melibatkan kampus-kampus terkemuka, seperti
Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan
University Malaya, penelitian ini diharapkan dapat memperkuat reputasi global
UNESA dan mitra-mitranya. Output dari kegiatan penelitian ini juga akan berupa
artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi dan
terindeks Scopus. Publikasi ini diharapkan dapat memperkaya literatur akademik
tentang pendidikan berkualitas dan aksesibilitas dalam mencapai kepuasan
mahasiswa, serta mendukung pencapaian target SDGs 4. Selain itu, melalui
kolaborasi ini, UNESA berharap dapat meningkatkan kompetensi pendidikan yang
unggul, relevan, dan bermutu. “Melalui
penelitian ini, kami ingin menunjukkan pentingnya kolaborasi lintas institusi
dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Komitmen untuk memberikan
layanan pendidikan yang bermutu dan terjangkau bagi mahasiswa adalah bagian
dari upaya bersama dalam mencapai SDGs 4. Dengan penelitian ini, kami berharap
dapat memperkuat kapasitas institusi pendidikan tinggi di Indonesia untuk
memberikan pendidikan berkualitas bagi semua,” ujar Brillian Rosy, S.Pd.,
M.Pd., Ketua Peneliti dari UNESA. Penelitian
ini tidak hanya bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan mahasiswa, tetapi juga sebagai langkah nyata dalam
meningkatkan pendidikan yang inklusif dan kompeten, mendukung tujuan SDGs 4
yang menggarisbawahi pentingnya pendidikan yang berkualitas dan inklusif di
seluruh dunia.