MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN BERHASIL MERAIH PRESTASI DENGAN MONORA (MONOPOLI AKSARA)

Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran
kembali meraih prestasi dalam bidang karya tulis ilmiah. Ahmad Dicky Muhaimin
dari Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran beserta timnya yaitu Novitasari
dan M. Yusril Marom dari Prodi Sosiologi berhasil meraih juara 2 video terbaik
pada lomba bertajuk Lensa On 2.0 dengan karya berjudul “MONORA (Monopoli
Aksara): Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Play Based Learning Bagi Siswa
Tunagrahita Ringan dalm Mengenai Aksara di SLB Empat Lima Babat Lamongan“ yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa
Jurusan Administrasi Publik UNESA.
Dengan mengangkat issue disabilitas, Dicky mengaku bahwa
ia telah melihat banyak anak disabilitas terasingkan sehingga rasa socialnya
tergerak untuk membantu dalam proses belajar anak-anak tersebut. Rasa social
tersebut menggerakan Dicky sebagai mahasiswa Pendidikan yang ingin berkarya
dana menyumbangkan ide yang bermanfaat bagi siswa tunagrahita ringan dalam permasalahan
yang berhubungan dengan aksara.
Dalam merealisasikan hal tersebut, Dicky bersama tim membuat
media pembelajaran berupa MONORA (Monopoli Aksara). “Berdasarkan observasi yang
saya lakukan, media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang keterbatasan
siswa tunagrahita masih sangat terbatas, sehingga saya memilih monopoli yang
telah di modifikasi sebagai media pembelajaran yang dalam menstimulus siswa
dengan cara yang menyenangkan” Ujar Dicky.
MONORA sendiri merupakan permainan monopoli yang
dimodifikasi dan di sesuaikan dengan tujuan pembuatan media tersebut. Monopoli
yang biasa kita temui hanya menampilkan deretan negara, namun untuk MONORA
dalam kotak-kotak yang tersedia, menyajikan gambar huruf alfabet. MONORA juga
di lengkapi dengan beberapa fitur yang disesuaikan seperti kartu tantangan,
kartu reward dan kartu sanksi yang berfungsi sebagai penyemangat siswa dalam
mempelajari aksara hingga memperoleh point penilaian terbanyak.
Dicky berharap, dengan adanya media pembelajaran
MONORA untuk siswa tunagrahita ringan dapat membantu siswa tunagrahita ringan
dalam mempelajari akasara dengan cara yang menyenangkan.
Selamat kepada Dicky dan tim atas prestasi yang di
raih. Semoga tujuan dari produk MONORA dapat bermanfaat bagi siswa tunagrahita
dalam proses belajar aksara.